Pages

Bangladeshi Blog

Senin, 19 September 2011

ULAMA BESAR MADZHAB SYAFI'I DARI ABAD KE ABAD * (Bag. 5)

ABAD Ke-XIII H.

75. As Syarqawi.(wafat 1227 H).

Nama lengkap beliau Syeikh Abdullah bin Hijaz bin Ibrahim,lahir tahun 1150.dan wafat pada tahun 1227 H.,bermaqam di Mesir. Beliau adalah mahasiswa universitas Al Azhar Mesir,dan kemudian sampai menjadi salah seorang dosen(Syeikh dari Universitas Al Azhar itu).

Beliau adalah seorang Ulama Besar Syafi'yah di Mesir pada zaman itu dan banyak mengarang kitab fiqih Syafi'i dan lain-lain kitab yang sampai sekarang masih dicetak dan disiarkan di seluruh dunia Islam
Diantara karya beliau dalam fiqih Syafi'i adalah yang berjudul ''As Syarqawi al at Tahrir'' yaitu kitab fiqih Syafi'i untuk mensyarah kitab Tahrir karangan Imam Zakariya al Anshari. Kitab Syarqawi itu terdiri atas dua jilid besar dengan 525 hal. Setiap jilidnya,dimulai dengan ''Alhamdulillah hilladzi faqqaha'' dan disudahi dengan ''Walhamdulillahi Rabbil'alaimiin''. Kitab Syarqawi selesai dikarang tahun 1192 H.,jadi beliau adalah seorang Ulama Syafi'i pada akhir abad ke XII,tetapi karena beliau wafat pada tahun 1227 maka beliau dimasukkan dalam barisan Ulama Syafi'i abad ke XIII.

Karya beliau yang lain,diantaranya:

1. At Tuhfatul Bahiyah fi Thabaqatis Syafi'iyah,yaitu kitab untuk menerangkan ulama-ulama besar Syafi'iyah dari abad ke IX sampai abad ke XII.

2. Tuhfatul Nazhirin,dicetak di Mesir tahun 1281.

3. Kitab Usuluddin ''Syarqawi Syarah Sanusi''(144 halaman),selesai dikarang beliau 13 Ramadhan 1194 H.

Keistimewaan beliau ini adalah mempunyai ''Sorban besar'' sehingga pada zaman itu diambil menjadi tamsil,yaitu untuk menyatakan sesuatu yang besar,dikatakan orang: ''Sebesar sorban Syarqawi''.**

76. Syeikh Muhammad Arsyad Banjar(wafat 1227 H).

Nama lengkap beliau Syeikh Haji Muhammad Arsyad bin Abdullah al Banjari,lahir di kampung Luk Gabang-Martapura(Kalimantan Selatan) pada tanggal 13 Safar 1122 H(lk. 1710 M),wafat tanggal 6 Syawal 1227 H.(lk.1812 M) dalam usia 105 tahun.

Pada tahun 1152 H.(lk.1739 M),dalam usia lk.30 tahun,beliau naik haji ke Mekkah dengan sengaja juga untuk menuntut ilmu pengetahuan agama Islam. Beliau bermukim di Mekkah selama 30 tahun dan di Madinah selama 5 tahun,bertekun mempelajari seluk beluk agama Islam,khususnya ilmu Usuluddin,Ahlussunnah wal Jama'ah dan fiqih Madzhab Syafi'i Rhl.

Guru-guru beliau adalah:
1. Allamah Syeikh Athaillah di Mekkah.

2. Allamah Syeikh Muhammad al Kurdi di Madinah.

3. Allamah Abdul Karim Samman di Madinah.
Dan lain-lain.
Kawan-kawan beliau yang belajar bersama ketika di Mekkah diantaranya adalah:
1. Syeikh Abdussamad Palembang,pengarang kitab ''Hidayatussalikiin'', ''Sairussalikin'' dan lain-lain.

2. Syeikh H. Abdurrahman Mashri di Jakarta.

3. Syeikh Abdulwahab Bugis,Sulawesi Selatan.

Syeikh Muhammad al Arsyad al Banjari adalah seorang Ulama Besar dalam Madzhab Syafi'i yang jarang tandingannya,begitu juga kawan-kawan beliau yang tersebut adalah ulama-ulama besar dalam Madzhab Syafi'i.

Pada bulan Ramadhan tahun 1186 H.beliau kembali ke kampung halaman dan ketika itu diangkat menjadi Mufti Kerajaan Banjar,berkedudukan di Martapura,dalam usia 65 tahun.
Tidak salah kalau dikatakan bahwa Syeikh Arsyad Banjar inilah ulama besar yang menyiarkan agama Islam ber-Madzhab Syafi'i di seluruh Kalimantan,sehingga penduduk Kalimantan pada waktu itu seluruhnya menganut Madzhab Imam Syafi'i Rahimahullah.

Beliau banyak mengarang kitab,diantaranya:
1. Sabilah Muhtadin,ditulis tahun 1193-1195 H.

2. Tuhfatur Raghibiin,ditulis tahun 1180 H.

3. Al Qaulul Mukhtashar,ditulis tahun 1196 H.

4. Kitab Ushuluddin.

5. Kitab Tasauf.

6. Kitab Nikah.

7. Kitab Faraidh.

8. Kitab Hasyiyah Fathul Jawad.

Di samping itu beliau menulis satu naskah al Qur'anul Karim Tulisan tentang beliau sedikit,yang sampai sekarang masih terpelihara dengan baik.

Zurriyaat(anak dan cucu piut) beliau banyak sekali yang menjadi ulama besar,pemimpin-pemimpin,yang semuanya teguh menganut Madzhab Syafi'i sebagai yang di wariskan oleh Syeikh Muhammad Arsyad Banjar.
Diantara zurriyat beliau yang kemudian menjadi ulama besar turun temurun adalah:
1. H. Jamaluddin,Mufti,anak kandung,penulis kitab ''Perukunan Jamaluddin''.

2. H. Yusein,anak kandung,penulis kitab ''Hidayatul Mutafak kiriin''.

3. H. Fathimah binti Arsyad,anak kandung,penulis kitab ''Perukunan Besar'',tetapi namanya tidak ditulis dalam kitab itu.

4. H. Abu Sa'ud,Qadhi.

5. H. Abu Nairn,Qadhi.

6. H. Ahmad,Mufti.

7. H. Syahabuddin,Mufti.

8. H.M. Thaib,Qadhi.

9. H. As'ad,Mufti.

10. H. Jamaluddin II,Mufti.
11. H. Abdurrahman Sidiq,Mufti Kerajaan Indragiri Sapat(Riau) pengarang kitab ''Risalah amal Ma'rifat'', ''Asranus Salah'', ''Syair Qiyamat'', ''Sejarah Arsyadiyah'' dan lain-lain.

12. H.M. Thaib bin Mas'ud bin H. Abu Saud,ulama Kedah,Malaysia,pengarang kitab ''Miftahul Jannah''.

13. H. Thobah Qadhi-Qudhat,pembina Madrasah ''Sulamul 'Ulum'' Dalam Pagar Martapura.

14. H.M. Ali Junaedi,Qadhi.
15. Guru H. Zainal Ilmi.

16. H. Ahmad Zainal Aqli,Imam Tentara.

17. H.M. Nawawi,Mufti.
Dan lain-lain banyak lagi.

Semuanya yang tersebut di atas adalah zurriyat-zurriyat Syeikh Arsyad yang menjadi ulama-ulama dan sudah berpulang ke rahmatullah.

Sebagai kami katakan di atas,Syeikh Muhammad Arsyad bin Al Banjari dan sesudah beliau,zurriyat-zurriyat beliau adalah penegak-penegak Madzhab Syafi'i dan faham Ahlussunnah wal Jama'ah,khususnya di Kalimantan.
Adapun zurriyat-zurriyat beliau yang masih hidup sekarang(1389 H)yang dapat kita catat diantaranya,adalah:
1. H. Abdullah Siddiq,keluaran Kairo,pensiunan Qadhi.

2. H.M. Arfan,pensiunan Qadhi.

3. H. Salman Jalil,kepala Pengawas Peradilan Agama se Kalimantan.

4. H.M. Idrus Ma'ruf,kepala peradilan Dep. Agama Kab. Banjar,Martapura.

5. H. Ghazali,kepala Kantor Urusan Agama Rantau.

6. H. Sirajuddin,ketua Majlis Ulama Martapura.
Dan lain-lain.

Sedemikian yang sampai kepada kami catatannya sambil kami minta maaf kepada zurriyat-zurriyat Syeikh Arsyad Banjar yang tidak tercatat disini,karena tidak ada catatannya pada kami. Pada waktu sekarang,boleh dikatakan,lebih 90% ulama dan rakyat Kalimantan penganut Madzhab Syafi'i sejak masuknya Islam sampai sekarang ini.

Mudah-mudahan Allah menurunkan rahmat kepada mereka dan kita semuanya,amin-amin.**

77. As Syanwani(wafat 1233 H).

Muhammad bin 'Ali as Syafi'i as Syanwani,lahir di Mesir di sebuah desa Syanwani.

Beliau ini belajar fiqih Syafi'i kepada Syeikh Isa al Barawi pengarang Hasyiyah Minhaj,kemudian beliau di Azhar dan Jami'ah Fakihani di Mesir juga.

Setelah Imam Syarqawi Syeikhul Azhar wafat pada tahun 1227,maka Imam Syanwani lari dari kota Mesir karena beliau enggan untuk diangkat menggantikan gurunya Imam Syarqawi menjadi Syeikhul Azhar,yaitu menjabat Guru Besar pada Al Azhar itu. Tetapi beliau dijemput bersama oleh Ulama-ulama dan diangkat menjadi Guru Besar Jami'i Azhar itu.

Beliau wafat tahun 1233 H.dan disembahyangkan di Azhar oleh ummat Islam yang banyak,kemudian bermakam dekat Azhar itu. Imam Syanwani adalah seorang Ulama Syafi'i yang besar dalam abad ke XIII,beliau mengarang kitab-kitab Hasyiah al Mukhtasar Abi Jamrah (Kitab Syanwani),Hasyiah Syarah Abdissalam.

Hasyiah sebahagian yang kedua dari kitab Minhaj dan lain-lain. Dengan adanya Syeikh Syanwani ini,Madzhab Syafi'i di Mesir bertambah lama bertambah kukuh,apalagi dapat mempengaruhi begitu rupa Jami'ah Al Azhar.**

78. Al Bajuri (wafat 1276 H).

Nama lengkap beliau adalah Syeikh Ibrahim bin Syeikh Muhammad Al Bajuri. Lahir di Bajur Mesir.

Beliau adalah seorang Ulama Syafi'i yang besar,belajar agama di Universitas Al Azhar yang terkenal,tetapi kemudian sampai menjadi Guru Besar dari Jami' Al Azhar itu.

Guru beliau dalam ilmu fiqih adalah Syeikh Abdullah As Syarqawi,Sayil Daud al Qal'awi dan lain-lain.

Beliau banyak sekali mengarang kitab,diantaranya:
1. Al Bajuri,kitab fiqih dalam Madzhab Syafi'i dua jilid sebagai Syarah dari Kitab Fathul Qarib.

2. Kifayatul 'Awam,kitab Tauhid menurut dasar Ahlussunnah wal Jama'ah.

3. Hasyiah Sanusi,dalam soal ilmu Tauhid.

4. Syarah 'Imrithi,ilmu nahwu.

5. Hasyiah Matan Jaharatut Tauhid,ilmu Tauhid.

6. Hasyiah Matan Sulam,karangan Akhdhari.
Dan lain-lain.

Beliau ini sangat berjasa bagi ummat Islam Indonesia,karena kitab-kitab beliau,baik dalam ilmu fiqih atau dalam ilmu tauhid dibaca dan dipelajari di Pesantren dan Madrasah-madrasah agama di seluruh pelosok Indonesia.**


Tidak ada komentar:

Posting Komentar