Pages

Bangladeshi Blog

Senin, 19 September 2011

ULAMA BESAR MADZHAB SYAFI'I DARI ABAD KE ABAD * (Bag. 6)

ABAD Ke-XIV H.

Ulama-ulama yang wafat dalam abad ke XIV yang banyak jasanya dalam menyiar dan mempertahankan Madzhab Imam Syafi'i Rhl.diantaranya adalah sebagai berikut:

79. Zaini Dahlan (wafat 1304 H).

Nama lengkap beliau Syeikh Ahmad bin Zaini Dahlan,dan beliau adalah Imam dan Mufti Syafi'i di Mekkah al Mukkaramah pada tahun terakhir abad ke XIII. Tetapi beliau meninggal pada permulaan abad ke XIV H.

Beliau adalah seorang Ulama Besar Syafi'yah yang terkenal gigih dalam menyiarkan dan mempertahankan fatwa-fatwa dalam Madzhab Syafi'i.

Diantara karangan Ahmad bin Zaini Dahlan,terdapat kitab-kitab:
1. Al Futuhatul Islamiyah,dicetak di Mekkah tahun 1303H.

2. Tarikh Duwalul Islamiyah,cetakan tahun 1306 H.

3. Khulasatul Kalam fi Umarai Baladiharam,cetakan Mesir 1305.

4. Al Fathul Mubin Fadhail Khulafa ur Rasyidin,dicetak di Mesir tahun 1302.

5. Ad Durarus Saniyah Firradi 'alal Wahabiyah.**

80. Sayid Utsman,(wafat 1333 H)

Nama lengkapnya adalah Sayid Utsman bin Abdillah bin 'Aqil bin Yahya al 'Alawi,yang dimasyhurkan dengan nama julukan ''Mufti Batawi''.

Beliau adalah seorang Ulama Besar Syafi'iyah yang jarang tandingan di zamannya.

Beliau selain mengajar juga mengarang kitab-kitab agama yang sangat banyak tersiar luas di sekitar Jawa Barat dan Jawa Timur.80. Sayid Utsman,(wafat 1333 H)

Nama lengkapnya adalah Sayid Utsman bin Abdillah bin 'Aqil bin Yahya al 'Alawi,yang dimasyhurkan dengan nama julukan ''Mufti Batawi''.

Beliau adalah seorang Ulama Besar Syafi'iyah yang jarang tandingan di zamannya.

Beliau selain mengajar juga mengarang kitab-kitab agama yang sangat banyak tersiar luas di sekitar Jawa Barat dan Jawa Timur.
Diantara karangan beliau adalah:
1. Al Qawaninus Syar'iyah lil Mahkamah wal Iftaiyah(Sebuah kitab yang lengkap menerangkan soal-soal Nikah,thalak dan ruju' yang sangat berguna dipakai dalam Mahkamah-mahkamah Syar'iyah dalam lingkungan madzhab Syafi'i.

2. Iqazhuniyam fimaa yat 'alqu bilahillah was Shiyam(sebuah kitab khusus menerangkan persoalan masuk puasa,Hilal dan puasa).

3. Zharul Basim fi Athwar Abil Qasim(sebuah kitab menerangkan kisah Maulud dan Mi'raj Nabi Muhammad Saw.).

4. I'antut Mustarsyidin,berbahasa Arab,yaitu kitab untuk penolak fatwa-fatwa Ibnu Taimiyah dan Muhammad Abduh.

5. Kitab Sifat Duapuluh,sebuah kitab Usuluddin yang lengkap.
6. Thariqussalamah minal Khurasan wan Nadamah,berbentuk sya'ir dalam bahasa Arab menolak Muhammad Abduh dan Jamaluddin al Afgani.

7. Terjemahan Rukun Islam.

8. Maslakul Akhyar (Kumpulan Do'a).
dan banyak lagi,yaitu kitab-kitab dari bebagai vak dan ilmu-ilmu.

Sampai waktu ini (1972 M) kita dapati banyak karangan beliau dalam bahasa Melayu Jakarta yang dijual di toko-toko kitab di Jakarta. Di tangan kami tersimpan daftar nama-nama kitab karangan beliau sebanyak 80 buah kitab.

Beliau sangat berjasa dalam mengembangkan faham Syafi'iyah di Jakarta dan sekitarnya.
Diantara murid-murid beliau yang menjadi ulama besar di sekitar Jakarta adalah:
1. Almarhum Mohd. Thabrani Hoofd Penghulu,Pekojan Jakarta.

2. Alm. Muhd Mahbud bin Abd. Hamid Kamp. Jawa,Kota.

3. Alm. H. Muhammad 'Izzi Qurra Kamp. Jawa Kota.

4. Alm. Sayid Muhammad bin Abdurrahman Pekojan Jakarta.

5. Alm. Sayid Abu Bakar Habsyi Kebun Jeruk Jakarta.

6. Alm. Sayid Muhammad bin Alwi al Idrus Krukut Jakarta.
7. Alm. Ama Saidi Qurra Kebun Jeruk Jakarta.

8. Alm. H. Muhd Saleh Kampung Jawa Kota.

9. Alm. Sayid Ali Habsy Al Habsy Kwitang Jakarta.

10. Alm. Tuanku Raja Kemala Aceh.

11. Alm. K.H. Mansyur,Jembatan Lima Jakarta.

12. Kiyahi Ma'ruf Kampung Petunduan Senayan.
(yang terakhir ini adalah satu-satunya Ulama murid Syeikh Sayid Utsman yang masih hidup sekarang,dalam usia lk. 75 tahun,bermukim di Tebet Jakarta).
Boleh dikatakan bahwa pada umumnya Ulama-ulama Jakarta yang sekarang adalah berasal dari murid beliau.

Penulis buku ini berjumpa dengan seorang anak beliau yang sekarang sudah berusia lk. 65 tahun,bernama Sayid Hasan bin Utsman,dimana dari tangan beliau penulis melihat risalah surat menyurat antara Syeikh Yusuf bin Ismail Nabhani di Beirut dengan Syeikh Sayid Utsman ini. Beliau yang berdua ini satu masa.

Makam beliau ini sekarang diziarahi di perkuburan Karet Tanah Abang Jakarta,yang meninggal tahun 1333 H.

81. Abu Bakar Syatha.(wafat 1310 H)

Sayid Abu Bakar yang dimasyhurkan dengan nama Sayid Bakri Ibnul 'Arifbillah as Sayid Muhammad Syatha. Beliau adalah Ulama Syafi'i,mengajar pada Masjidil Haram Mekkah al Mukarramah di permulaan abad ke XIV. Beliau mengarang sebuah kitab dalam fiqih Syafi'i yang terkenal dalam pesantren-pesantren di Indonesia,yaitu kitab ''I'anatut Thalibin'' syarah Fathul Muin yang selesai dikarang tahun 1300 H.

Sayid Abu Bakar Syatha banyak berjasa memberi pelajaran kepada mukimin-mukimin dari Indonesia,sehingga pada permulaan abad ke 14 banyaklah ulama murid dari Abu Bakar Syatha yang mengembangkan Madzhab Syafi'i di Indonesia sehingga ajaran itu merata di seluruh kepulauan di Indonesia.**

82. Syeikh Ahmad Khatib (wafat 1334 H).

Nama lengkap beliau,Syeikh Ahmad Khatib bin Abdul Latief al Minangkabawi,as Syafi'i lahir di Kota Gendang Bukittinggi Sumatera Barat,pada hari Senin tanggal 6 Dzulhijah 1276 H.dan wafat di Mekkah hari Senin 8 Jumadil Awal 1334 H.

Beliau adalah seorang Ulama Besar yang pertama menduduki kursi dan jabatan IMAM KHATIB dan Guru Besar di Mesjid Mekkah(Mesjid Haram) dan juga Mufti Besar dalam Madzhab Syafi'i.

Beliau adalah satu-satunya Ulama Indonesia yang mencapai derajat setinggi jabatang yang dipangkunya di Mekkah Mukarramah. Banyak sekali murid beliau bangsa Indonesia pada permulaan abad ke 14 H. yang belajar kepada beliau tentang ilmu fiqih Syafi'i yang kemudian menjadi ulama-ulama besar pada pertengahan abad ini di Indonesia.

Di antara murid-murid beliau bangsa Indonesia itu dapat dicatat,yaitu Syeikh Sulaiman Ar Rasuli Candung Bukittinggi yang sampai sekarang(waktu menulis naskah ini) masih hidup sehat wal 'afiat. Kemudian terdapat alm. Syeikh Muhammad Jamil Jaho Padang Panjang,alm. Syeikh Abbas Qadhi Ladang Lawas Bukittinggi(bapak pengarang buku ini). Alm. Syeikh Abbas Abdullah Padang Japang Suliki,alm. Syeikh Khatib 'Ali Padang,alm. Syeikh Ibrahim Musa Parabek,alm. Syeikh Mustafa Husein Purba Baru Mandhailing,alm. Syeikh Hasan Maksum Medan Deli dan banyak lagi ulama di Jawa,Madura,Sulawesi,Kalimantan,yang berasal dari murid Syeikh Ahmad Khatib ini.

Syeikh Ahmad Khatib al Minangkabawi ini boleh dikatakan menjadi tiang tengah dari Madzhab Syafi'i dalam dunia Islam pada permulaan abad ke XIV.

Beliau banyak sekali mengarang kitab dalam bahasa Arab dan bahasa Melayu(Indonesia),diantaranya yang banyak tersiar di Indonesia,adalah:
1. Riyadathul Wardhiyah dalam ilmu fiqih.

2. Al Khutathul Mardhiah,soal membaca ''Ushalli''.

3. Al minhajul Masyru',soal hukum faraidh(harta pusaka)

4. Ad Dalilul Masmu',soal hukum pembagian harta pusaka.

5. An Nafahaat,Syarah waraqaat.(usul Fiqih).

6. Irsyadul Hajara fi Raddhi al Nashara.

7. Tanbihul Awam,masalah Syarikat Islam.

8. Iqnaun Nufus,tentang zakat uang kertas.

9. Itsbatus Zain.
Dan banyak lagi yang lain.

Perlu dijadikan catatan bahwa telah terjadi perdebatan yang hebat antara Syeikh Ahmad Khatib ini dengan Syeikh Sa'ad Mungka Payakumbuh Sumatera Barat,yaitu seorang Ulama Besar Syafi'yah juga seumur dengan Syeikh Ahmad Khatib dalam persoalan Rabithah dalam amalan Thariqat Naqsyabandi.

Diantara kedua beliau ini terjadi polemik dengan buku. Enak juga membaca perdebatan dua orang Ulama Besar ini tentang masalah Rabithah itu,tetapi harus dibaca buku-buku dari kedua belah fihak dan perhatikan dalil-dalilnya. Sekali-sekali jangan membaca sefihak.**

83. Syeikh Mhd. Sa'ad(wafat 1339 H).

Syeikh Mohd. Sa'ad lahir di Mungka,Payakumbuh Sumatera Barat pada tahun 1277 H.bertepatan dengan 1857 H.

Pada waktu muda,beliau belajar ilmu-ilmu agama kepada Syeikh Abu Bakar Tabing Pulai Payakumbuh dan kepada Syeikh Mhd. Saleh Mungka,Tanah Datar Batusangkar.

Pada tahun 1894 M.beliau naik haji ke Mekkah dan bermukim di situ menuntut ilmu sampai th 1900 M. Sesudah mempelajari segala macam ilmu agama,beliau pulang ke kampungnya. Pada tahun 1912 beliau datang lagi ke Mekkah dan mukim disitu sampai tahun 1915.M

Pada tahun 1915 M. Kembali ke Indonesia,membuka pesantren di Surau Baru Mungka Payakumbuh sampai wafat,yaitu sampai tahun 1924 M(1339 H).

Beliau seorang Ulama Syafi'iyah yang terkenal,bisa membaca kitab-kitab Syafi'i yang besar-besar dengan lancar,seumpama Tuhfah dan Nihayah dan juga bisa mengajarkan tafsir-tafsir Al-Qur'an secara lancar sekali.

Pada satu ketika timbul perselisihan faham dengan Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau yang ketika itu menjadi Mufti di Mekkah dalam soal-soal amalan Thariqat Naqsyabandi,sehingga timbul polemik di mana masing-masing membuat buku untuk menolak lawannya.

Untuk menolak Syeikh Mhd. Sa'ad, Syeikh Ahmad Khatib,mengarang satu buku yang bernama ''Izhar Ziglil Kadzibin fi tasyabbuhim bis Shiddiqiin'' dan Syeikh Mhd. Sa'ad mengarang buku untuk menolak itu dengan nama ''Irgamil unufil muta'an nitiin'',dimana kedua ulama besar yang setaraf ini ''berdebat secara sengit''untuk menegakkan kebenaran faham masing-masing.

Beliau berselisih faham tentang amal Thariqat Naqsyabandi,tetapi dalam menganut faham Madzhab Syafi'i dalam syari'at dan ibadat kedua beliau ini bersatu dan menjadi bintang-bintangnya.Syeikh Mhd. Sa'ad juga ahli falak,pandai menghitung perjalanan bulan dan matahari,tetapi dalam masuk puasa bulan Ramadhan beliau tetap memakai ru'yah.

Pada tahun 1918 terjadi musyawarah Ulama Syafi'iyah di Mesjid Ladang Lawas,Bukittinggi,dengan pimpinan Syeikh Abbas Qadhi,di mana Syeikh Mhd. Sa'ad juga ikut hadir.

Dalam permusyawaratan itu ternyata bahwa Syeikh Mhd. Sa'ad adalah seorang Ulama Syafi'iyah yang pintar,melebihi dari ulama-ulama Minangkabau ketika itu.Penulis buku ini pernah melihat dengan mata kepala,bahwa sekali sebulan diadakan wirid dengan mengaji fiqih,tafsir dan tasauf di Suraubaru-Mungka, yang dihadiri oleh murid-murid beliau yang terdiri dari ulama-ulama besar pula. Jadi beliau adalah guru dari guru-guru Syeikhul Masyaikh. Diantara murid beliau yang kelihatan oleh penulis buku ini terdapat Maulana-maulana: Syeikh Sulaiman ar Rasuli, Syeikh Abbas Ladanglawas, Syeikh Abd. Wahid Tabek Gadang, Syeikh Rasyid Thaher Rambatan Payakumbuh,Syeikh Mohd. Jamil Jaho, Syeikh Makhudum Solok, Syeikh Sulaiman Gani Magek, Syeikh Abdul Majid Payakumbuh,dan lain-lain.

Kabarnya Syeikh Abdullah Halaban,seorang Ulama tua yang sebaya dengan beliau juga mengakui kealiman Syeikh Mhd. Sa'ad Mungka ini.

Salah seorang anak beliau,Syeikh Mhd. Jamil Sa'adi Mungka adalah pengganti beliau sesudah beliau berpulang kerahmatullah. Syeikh Mhd. Sa'ad tiang tengah Madzhab Syafi'i pada zamannya!**

84. Syeikh Nawawi Bantan. (wafat 1315 H).

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdul Mu'thi,Muhammad bin Umar bin 'Ali Nawawi al Jawi al Bantani.

Kami tidak mempunyai catatan tentang tanggal lahir dan wafat beliau,tetapi dalam kitabnya ''Nihayatuz Zein'' disebutkan bahwa beliau adalah Ulama terkemuka dalam abad ke 14 H.

Beliau banyak sekali mengarang kitab dalam bahasa Arab,khususnya kitab fiqih Syafi'i,yang membuktikan bahwa beliau adalah seorang yang berasal dari Indonesia yang bermukim di Mekkah,penyebar dan pengembang Madzhab Syafi'i yang sangat kuat.
Diantara kitab-kitab beliau yang tersiar luas di tengah-tengah masyarakat ummat Islam yaitu:
1. Nihayatuz Zein fi Iryadil Mubtadin, syarah Fathul Muin karangan Malibari,Fiqih Syafi'i, dicetak oleh percetakan Darul Qalam di Kairo tahun 1966 M.

2. Tanqihul Qaulal Hadits fi Syarhi Lubabil Hadits,cetakan Maktabah Masriyah Cirebon.

3. Syarah Ajrumiyah,dikarang tahun 1881 M.

4. Fathul Majid, dikarang tahun 1881 M.

5. Syarah Barjanzi,dikarang,tahun 1883 M.

6. Lababul Bayan,dikarang tahun 1884 M.

7. Syarah Salamul Munajat,dikarang tahun 1884.

8. Marahun Labid,kitab Tafsir 2 jilid.
Dan lain-lain.**

85. An Nabhani (wafat 1350 H).

Nama lengkap beliau adalah Yusuf bin Ismail bin Muhammad Nashiruddin an Nabhani. Nabhani adalah nama suku bagi Bani Nabban. Lahir di desa ''Ijzam'',sebuah desa kecil dalam wilayah Hefa di Palestina yang dulu masuk lingkungan wilayah Beirut,tetapi sekarang diduduki oleh Israel.

Mula-mula beliau belajar pada bapak beliau Syeikh Ismail bin Yusuf,seorang ulama Syafi'iyah juga,tetapi kemudian beliau dikirim ke Mesir untuk belajar pada Universitas Al Azhar. Beliau masuk Al Azhar tahun 1289 H.dalam usia 18 tahun. Banyak guru-guru beliau Ulama Madzhab Syafi'iyah dalam Al Azhar itu,diantaranya beliau berguru kepada.
1. Syeikh Ibrahim as Saqa as Syafi'i (wafat 1298 H).

2. Syeikh Ibrahim al Khalil as Syafi'i (wafat 1287 H.)

3. Syeikh Sayid Muhammad Damanhuri as Syafi'i (wafat 1286 H.)

4. Syeikh Ahmad al Ajhuri as Syafi'i (wafat 1293 H).

Dengan Syeikh Ibrahim Saqa beliau mempelajari kitab-kitab fiqih Syafi'i yaitu Kitab-kitab ''Tahrir'' dan ''Minhaj'',karngan Syeikhul Islam Zakari Anshari yang telah diajarkan oleh Syeikh-syeikh Syarqawi dan Bujairimi.

Syeikh Yusuf bin Ismail an Nabhani kemudian terkenal di seluruh dunia Islam,karena beliau banyak meninggalkan karangan kitab-kitab yang besar,yaitu 46 buah: Di antara kitab-kitab karya beliau:
1. Al Fathul Kabir,3 jilid besar,cetakan Mustafa al Babil Halabi,Kairo,yang berisi lebih dan 14.450 hadits.

2. Muntakhab,dari dua kitab Sahih yang berisi 3010 hadits sahih.

3. Syawahidul Haq tentang istigatsah dengan Nabi,di mana di dalamnya ditolak habis-habisan faham Ibnu Taimiyah dan sekalian faham yang tidak menyukai tawassul dan wasilah(574 halaman,cetakan Babil Halaby Kairo).

4. Irsyadul Hayara yaitu kitab yang menerangkan keburukannya kalau anak-anak Islam masuk sekolah Nashara.

5. Al Majmu'atun Nabhaniyah,Shalawat-shalawat kepada Nabi(4jilid).

6. Tafsir Qurratul 'Ain yang dikutip dari Tafsir Baidhawi dan Jalalein.
Dan lain-lain banyak lagi.

Semua karya beliau itu sudah tercetak,kebanyakannya pada percetakan Kairo dan Beirut.

Syeikh Ismail bin Yusuf an Nabhani pernah menjabat Hakim Tinggi dalam Mahkamah Tinggi di Beirut. Beliau wafat tahun 1350 H.setelah meninggalkan jasa bagi Ummat Islam,khususnya yang menganut Madzhab Syafi'i.**

86. Hasan Ma'sum (wafat 1355 H).

Nama lengkap beliau adalah Syeikh Hasanuddin bin Syeikh Ma'sum, lahir di Labuhan Deli Sumatera,dalam tahun 1884 M. Dan wafat di Medan 7 Januari 1937 M. (24 Syawal 1335 H) dalam usia 53 tahun menurut hitungan tahun Masehi.

Orang tuanya Syeikh Ma'sum adalah seorang ulama terkenal pula,sebagai ulama tasauf. Nenek moyang beliau berasal dari Pasai(Aceh) dan sudah jalan 7 turunan sampai kepada almarhum Syeikh Hasan Ma'sum ini yang berada di Deli Sumatera Timur. Guru beliau yang pertama adalah bapak beliau sendiri,tetapi setelah berusia 10 tahun beliau dikirim ke Mekkah al Mukarramah untuk belajar ilmu agama,sampai 9 tahun beliau di Mekkah.

Guru-guru beliau di Mekkah adalah diantaranya Syeikh Abdussalam Kampar, Syeikh Ahmad Hayat(Arab), Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau seorang ulama yang temasyhur dan menjadi Imam dan Khatib pada Madzhab Syafi'i di Mekkah,dan kepada Syeikh Amin Ridwan di Madinah.

Hal ini terjadi sekitar tahun 1900 M.sampai 1903 M. (lk.1320 H).

Setelah nn tahun di Mekkah beliau kembali ke Kampungnya,yaitu di Labuhan Deli,tetapi 6 bulan sesudah itu kembali ke Mekkah,karena belum merasa puas dalam ilmu yang ada pada beliau.

Pada kali yang kedua ini beliau tinggal 3 tahun di Mekkah,dalam usia 23 tahun beliau kembali ke Indonesia,dan langsung kawin dengan seorang wanita yang baik. Tidak lama sesudah kawin beliau kembali ke Mekkah,meneruskan mencari ilmu-ilmu agama yang tinggi-tinggi,khususnya ilmu fiqih dalam Madzhab Imam Syafi'i.

Pada kali yang ketiga kembali di Indonesia lantas diangkat menjadi Mufti dalam Madzhab Syafi'i oleh Sulthan Ma'mun ar Rasyid,yaitu Sulthan Deli yang masyhur ketika itu. Beliau banyak mengarang kitab Agama Islam,khususnya yang bertalian dengan fiqih-fiqih Imam Syafi'i Rahimahullah.

Boleh dikatakan hampir segenap anggota Pimpinan gerakan Al Jam'iyatul Wasliyah di Medan,suatu organisasi massa ummat Islam yang menjadi benteng Madzhab Syafi'i adalah berasal dari murid beliau Syeikh Hasan Ma'shum ini. Di antara murid beliau adalah Alm. Syeikh Abdurrahman Syihab. Ketua umum Jamiatul Wasliyah. Beliau adalah tiang tengah Madzhab Syafi'i di Sumatera Utara pada ketika itu.**

87. Syeikh Muhammad Jamil Jaho (wafat 1360 H).

Syeikh Mohd. Jamil Jaho, demikianlah nama lengkap beliau dan terkenal dengan gelar ''Angku Jaho''.

Beliau berasal dari sebuah kampung JAHO di padang Panjang Sumatera Barat. Sewaktu beliau mukim di Mekkah telah belajar fiqih Syafi'i, diantarnya kepada Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau,Mufti Syafi'i ketika itu di Mekkah. Sepulangnya dari Mekkah,beliau membuka pesantren di kampung Jaho Padang Panjang,yang sampai sekarang masih ada.

Beliau adalah seorang Ulama Besar yang membangun Pesantre Tarbiyah Islamiyah(PERTI) bersama-sama dengan kawan-kawan beliau. Syeikh Sulaiman Ar Rasuli,Syeikh Abbas Qadhi, Syeikh Abd. Wahid Tabek Gadang dan lain-lain

Pada Madrasah beliau Madrasah Tarbiyah Islam Jaho diajarkan kitab-kitab fiqih Syafi'i dari tingkat rendah sampai tingkat tinggi antara lain kitab-kitab.
1. Matan Taqrih,karangan Abu Suja'.

2. Fathul Qarib,Syarah Alfazh at Taqrib.

3. Fathul Muin,Syarah Fathul Qarib.

4. Al Mahalli,karangan Syeikh Jalaluddin al Mahalli.

5. I'anatut Thalibin,karangan Sayid Abi Bakar Syatha.

Semuanya adalah kitab Fiqih Syafi'iyah yang dikarang oleh Ulama-ulama Syafi'i yang terkemuka.

Di Madrasah Tarbiyah Islamiyah beliau tidak pernah mengajarkan kitab-kitab fiqih madzhab yang lain selain dari Syafi'i. Tiap-tiap tahun Madrasah Tarbiyah Islamiyah Jaho Padang Panjang,mengeluarkan ulama-ulama Syafi'iyah tidak kurang dari 50 orang dan sekarang mengajarkan fiqih Syafi'yah di pelosok-pelosok tanah air di Indonesia.**



1 komentar:

Akmal mengatakan...

Alhamdulillah luar biasa isi kitab yang kita pinjam kemarin itu Pak Akmal

Posting Komentar